Minggu, 25 April 2010

Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL)

SBL adalah wahana yang mampu mendukung dan berperan nyata dalam upaya menumbuhkembangkan sumberdaya manusia yang berbudaya lingkungan. Dalam arti sadar dan memahami kondisi lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya, serta mampu mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya untuk memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup saat ini dan yang akan datang.
Isu-isu lingkungan yang bersifat global seperti perubahan iklim yang berkaitan dengan naiknya suhu udara bumi, peningkatan emisi CO2, dan berkurangnya luas hutan dunia; sebenarnya berkembang dari isu lingkungan yang bersifat lokal dan regional. Pertumbuhan penduduk dan eksploitasi sumber daya alam yang jauh melampaui daya dukungnya merupakan salah satu penyebabnya. Termasuk di dalamnya eksploitasi daya lahan, hutan, tanah, air, materi dan energi.
Upaya mewujudkan generasi berbudaya lingkungan melalui pendekatan sekolah formal, menunjukkan kecenderungan yang menggembirakan. Namun, upaya ini masih dilakukan secara terbatas, belum sistematis, dan cenderung berupa program paksaan. SMK Negeri 3 Tuban ingin menjadikan program SBL sebagai basis keunggulan sekolah dan basis keunggulan tamatan yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan penghayatan tentang pentingnya hidup selaras dengan lingkungan.

1 komentar: